Senin, 10 Oktober 2011

IBU MENYUSUI HARUS PERCAYA DIRI

Para ibu yang merasa ASI nya kurang menduduki peringkat utama atau yang terbanyak. Faktor penyebabnya ternyata lebih bersifat psikologis. Yakni, ibu merasa produksi ASI sedikit/kurang, padahal sebenarnya bisa mencukupi kebutuhan bayi.

Rasa tidak percaya diri ibu sebenarnya bisa diatasi dengan diberi motivasi agar ibu lebih yakin bahwa ia bisa memproduksi ASI sesuai kebutuhan bayi. Termasuk ibu yang ingin menyusui bayi kembar, sebenarnya kebutuhan ASI akan tercukupi. Dengan mencari informasi yang tepat, juga akan membantu Ibu untuk terus OPTIMIS dalam memberikan HANYA ASI kepada buah hatinya. Ketidaktahuan ibu tentang hal-hal yang berkaitan dengan menyusui justru akan menghambat proses menyusui itu sendiri dan tentunya akan berdampak kurang baik pada ibu dan bayinya.

Menyusui merupakan pekerjaan biologik yang mulia bagi semua jenis mamalia termasuk manusia dan menyuusui sebagai satu kesatuan dari fungsi reproduksi, menyusui adalah suatu insting. Seorang Ibu menyusui harus dapat membuang rasa khawatir yang berlebihan dan percaya diri bahwa ASI nyamencukupi kebutuhan bayi.

Apakah Bayi Cukup Mendapatkan ASI?

- Bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan dianggap cukup mendapat ASI bila berat badan lahir pulih kembali setelah bayi berusia 2 pekan, kenaikan berat dan tinggi badan sesuai dengan kurva pertumbuhan, bayi banyak mengompol (sampai 6 kali atau lebih dalam sehari), bayi menyusu dengan kuat kemudian melemah hingga tertidur, dan payudara ibu terasa lunak setelah menyusui dibanding sebelum disusukan.

- ASI diproduksi sesuai dengan permintaan. Bila bayi butuh 100 cc maka ASI yang akan diproduksi pun 100 cc. Jadi, jangan takut ASI-nya tidak mencukupi kebutuhan bayi. Oleh karena itu setiap ibu harus yakin dapat menyusui bayinya.

Lebih dari soal kandungan ASI yang ajaib, anak memang berhak mendapatkan yang terbaik dalam hidupnya. Hak itu memang saat dia masih bayi harus diusahan oleh orang tuanya, dan bagi saya menjadi wajib hukumnya seorang ibu memberikan ASI untuk bayinya seseuai dengan perintah Allah SWT untuk menyusui sampai dengan 2 tahun.

Apapun yang terbaik harus kita berikan pada anak, karena memang mereka berhak mendapatkan yang terbaik dari orang tuanya, dari lingkungannya bahkan dari negara yang hendaknya bisa memberikan perlindungan kepadanya.

Semua ibu dapat menyusui, hanya sedikit sekali ibu yang benar-benar tidak dapat menyusui, NAMUN sebagian besar ibu yang merasa tidak dapat menyusui atau merasa ASI-nya kurang, sebenarnya HANYA DISEBABKAN karena kurangnya pengertian/ilmu tentang ASI dan kurang terampil dalam menatalaksanakan menyusui yang benar sehingga mengakibatkan Ibu menjadi tidak percaya diri untuk memberikan HANYA ASI kepada buah hatinya.

Last but not least, jika Ibu sedang hamil ataupun menyusui pada saat ini, jangan pernah berfikir memberikan susu buatan kepada anak Ibu, karena ASI yang Ibu produksi, adalah yang terbaik dan menjadi hak anak Ibu untuk mendapatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar